Jual CD aplikasi game HP

Image hosted by servimg.com Image hosted by servimg.com
Image hosted by servimg.com Image hosted by servimg.com

Brotherhood dan Safety Riding dalam Touring

Yap, brotherhood dan safety riding benar-benar baru saya rasakan sejak bergabung dalam sebuah komunitas di Indonesia, yaitu YJOC (Yamaha Jupiter Owners Community). Apalagi brotherhood dan safety riding sangat dirasakan dan penting disaat kita mengikuti event turing ke luar kota.

Turing merupakan salah satu hal yang paling saya suka dalam menyalurkan hobi otomotif sekaligus jalan-jalan. Dimana dalam setiap kegiatan turing selalu saja ada hal-hal yang berkesan dan selalu dijadikan pengalaman dan kenangan, baik itu dalam keadaan suka maupun duka, yang tentunya juga dirasakan oleh peserta turing lainnya.

Pengalaman paling berkesan yang akan saya ceritakan adalah turing terakhir, Turing Ceria 3 (Goes to Pelabuhan Ratu). Dikatakan paling berkesan karena; pesertanya berjumlah 33 motor, sebagian besar peserta adalah member baru dan belum pernah mengikuti turing, jalur yang dilalui lumayan padat, karena hari libur dan medan yang ditempuh bervariatif, mulai dari trek lurus sampai berkelok-kelok turun naik. Maklum rute Bogor-Pelabuhan Ratu melintasi medan jurang dan perbukitan. Yang menjadi kebanggaan adalah saya ditunjuk sebagai Road Captain (RC), yang bertanggung jawab sebagai pemimpin rombongan sekaligus navigator.
Sebelum keberangkatan, semua peserta dibekali materi safety riding, sinyal dalam perjalanan turing/rolling thunder, perlengkapan & peralatan motor yang wajib dan aman. Juga dianjurkan agar setiap peserta mengikuti asuransi perjalanan dari sebuah jasa asuransi khusus perjalanan.
Selain itu tentunya setiap peserta juga akan di cek kondisi fisik dan motornya. Bila fisik peserta sedang lemah, dianjurkan peserta tersebut untuk tidak ikut. Dan bila ada kelengkapan motor masih dibawah standar keselamatan/wajib; seperti spion, ban, lampu, helm, sepatu, dsb, maka wajib diganti dan menggunakan yang standar. Tujuannya demi keamanan dan keselamatan peserta itu sendiri juga peserta/pengguna jalan lainnya.
Rasa persaudaraan akhirnya mulai dirasakan dan diterapkan sejak berangkat dari Jakarta sampai di Pelabuhan Ratu, dan kembali lagi ke Jakarta. Setiap kami bertemu atau berpapasan dengan klub/komunitas motor lain di jalan, kami memberikan salam ala bikers, yaitu membunyikan klakson 2 kali kemudian mengacungkan jempol kepada mereka. Begitu pula cara mereka membalasnya.
Ketika pulang dari Pelabuhan Ratu, di daerah Cikidang, Sukabumi, salah satu motor peserta mengalami bocor ban. Agar tidak ada peserta yang ketinggalan, apalagi di daerah yang asing, akhirnya kami memutuskan rombongan berhenti untuk membantu sekaligus istirahat.
Saat salah satu peserta membeli durian di Parungkuda, peserta itupun tidak makan sendirian, tetapi dibawa ke vila untuk dimakan bersama-sama, walaupun akhirnya semuanya kebagian sedikit agar kebagi rata.
Demikian pula dalam penerapan safety riding di jalan. Semua peserta tidak ada yang memakai helm cetok dan sendal. Semuanya diwajibkan memakai helm full atau half face. Sepatu wajib menutupi tumit. Setiap di perempatan lampu merah, rombongan wajib berhenti saat lampu merah, walaupun keadaan jalannya sepi tidak ada kendaraan yang lewat. Tidak saling menyalip dan kebut-kebutan antar peserta, dan tidak bersikap arogan kepada pengguna jalan lainnya walau kita dalam suatu rombongan. Kecepatan rata-rata maksimal perjalanan +/- 60 km/jam. Gak perlu ngebut, yang penting tertib, santai dan sampai di tujuan dengan selamat.
Sewaktu dalam perjalanan pulang ke Jakarta di jalur medan yang turun naik, karena posisi RC paling depan, saya mengintip rombongan di belakang melalui spion. Tampak rombongan dengan format satu baris yang tertib dan rapih memanjang seperti rangkaian kereta atau ular naga yang besar. Rasa bangga bercampur haru menyaksikan pemandangan tersebut. Sementara di kiri dan kanan, anak-anak kecil dan penduduk setempat bersorak-sorai menyambut kami ketika kami melintasi mereka.
Ah, semoga turing yang akan datang lebih berkesan lagi. Turing selalu ada ceritanya.

 

© 2007 Selamat datang di blog Pribadi saya: Brotherhood dan Safety Riding dalam Touring | Design by Template Unik



Template unik dari rohman


---[[ Skip to top ]]---